CURUG CIBEREUM, CIBODAS : Dari Touring Hingga Hiking !!

Seminggu setelah gue dari Curug Cilember, gue pergi kumpul-kumpul bareng temen-temen semasa kecil hingga sekarang. Yg bisa dipanggil nama geng kita itu Topaz. Nama itu jadi turun temurun dari generasi ke generasi didaerah Tebet Timur. Kalo yg pernah gede di Tebet pasti tau yg namanya Topaz. Topaz terkenal sama lapangan basketnya dan tim basketnya. Hehe... Oke skip perkenalannya, jadi waktu itu hari Sabtu gue kumpul dirumahnya Desi didaerah Rancho. Malam itu yg kumpul ada Ray, Aan, Gadis, Ambon (sepupu gue), Desi (yg punya rumah), dan lagi-lagi si Opang........ Disana kita asik cerita-cerita pas touring ke Sawarna saat November 2013 lalu. Setelah dari Sawarna kita emang udah lama gak pernah kumpul lagi hingga Februari 2014. Lagi asik cerita ternyata ada yg ngiri. Gadis dan Desi ngiri karena mereka gak ikut ke Sawarna waktu itu. Cerita perjalanan ke Sawarna bakal gue ceritain setelah cerita ini karena gue masih nyari-nyari fotonya. Haha !! Karena mereka berdua pengen banget ngerasain touring walaupun cuma jadi boncengers...... Jadi gue putusin tujuan kali ini adalah Touring ke Curug Cibereum.

"Aaaaaahh... lo pada cerita begitu gue gak paham.", kata Gadis.
"Iya nih.. ayok kita jalan-jalan lagi.", kata Desi.
"Yaudah ayok Puncak Sabtu depan !!", cetusan Aan.
"Yaelah baru minggu kemaren gue dari puncak.. Tapi yaudah ayok deh. Jangan puncak doang, sekalian ke Cibereum aja !!", kata gue.

Gue milih ke Cibereum karena minggu kemaren gagal kesana dan gue masih pengen banget tau kayak apa curugnya. Jadi rencananya semua wajib kumpul dirumah gue dari subuh dan berangkat on time sekitar pukul 06.30. Akhirnya daripada menghindari ngaret, Aan, Gadis, Ray, Ambon lebih milih nginep dirumah gue. Sedangkan Desi minta dijemput sekitar pukul 04.00 dan gue harus telponin Desi dari pukul 03.00 biar dia udah bangun. Puncak emang deket dari Jakarta, tapi kalo kejadiannya kayak gue kemaren bisa jadi berasa jauh jaraknya !! Oia, Armanda atau Manda atau Leor ternyata mau ikut bareng ceweknya setelah beberapa hari sebelumnya gue tanyain lewat grup di Line. Nah Manda nanti katanya bakal nyampe dirumah gue pukul 05.30. Dari kita semua yg paling ribet cuma Manda karena dia harus jemput dari Pondok Kelapa kerumah ceweknya di Tanjung Priok terus lanjut ke rumah gue di Kalisari. Kalo gue bilang dia sih udah touring duluan dari bagian timur Jakarta ke utaranya lalu ke ujung selatannya Jakarta. Haha !!

kiri atas Opang Ambon, kiri bawah Ray Desi, kanan bawah Aan Gadis, kanan atas Manda dan ceweknya, tengah siapa lagi kalo bukan gue !! Haha !!
Semua urusan jemput menjemput dll kelar, akhirnya saatlah waktunya kita berangkat. Tapi lagi-lagi cuaca mendung dan malah langsung hujan deras !! Tapi kita bertekad tetep berangkat pagi itu juga. Akhirnya kita langsung pakai pakaian tempur buat ngadepin hujan. Lalu berangkaaaaaat !!! Seperti biasa dari rumah gue langsung menuju jalan raya Bogor karena letak rumah gue gak jauh dari jalan tersebut. Awalnya sih gak ada masalah pas gue lagi isi bensin di SPBU Gandaria, Cimanggis. Setelah kelar isi bensin ternyata gue baru nyadar Ray yg boncengin Desi gak ada di SPBU !! Gadis coba telponin Desi dan ternyata motornya Ray mogok sekitar 500 meter sebelum SPBU. Yah lagi-lagi kalo touring sama anak Topaz pasti selalu dimulai dari motornya Ray yg trouble. Setelah gue samperin ketempat dia mogok dan liat kondisi motornya Ray, ternyata kabel lampunya ada yg korslet. Ada kejadian kocak parah. Jadi Ray minta beliin isolasi ke Desi disebuah toko yg gak jauh dari situ. Pas Desi dateng dengan kepolosannya...

"Nih Ray isolasinya...", kata Desi sambil nyodorin ke Ray yg dia beli.

Pas gue sama Ray liat..

"Ini mah LAKBAN Des !!", Ray sambil ngakak.
"Itu sih lakban yg biasa buat jilidan !!, gue juga gak nahan ngakak sampe gue pegangan ke motor dan motor gue GUBRAK !! Jatoh motor gue.. zzzzz...
"Abisan kan gue gak ngerti Reeee....", Desi melas.

Yaudahlah daripada gak bisa dibungkus tuh kabel akhirnya terpaksa dibungkus pake lakban. Hahaha !! Setelah itu kita lanjutin perjalanan melewati Sentul dan Bukit Pelangi. Formasinya Ambon bonceng Opang (Tiger), Aan bonceng Gadis (Scorpio), Ray bonceng Desi (Tiger), Manda bonceng ceweknya (Revo), sedangkan gue sendirian (Thunder). Kapok gue boncengan lewat jalanan pegunungan pake Thunder. Haha !! Perjalanan kali ini terus diguyur hujan sampe akhirnya kita berhenti didaerah Cibinong buat "nyabu" dulu. Pagi itu kita nyarap bubur yg rasanya gak karuan. Tapi daripada perut kosong mending telen aja deh !! Haha !! Setelah makan bubur kita lanjut lagi. Cuaca pun membaik setelah kita sampe di Sentul. Dan disana ternyata gak hujan sama sekali !! Akhirnya kita semua buka jas hujan dulu. Karena kondisi jalan yg mulai kering, akhirnya semua pada tancap gas !!

masih disekitaran Sentul.. sialnya disini gak hujan !!
Setelah sampai di jalan raya Puncak, kita juga gak ada habis-habisnya ngegeber motor. Tapi ngegebernya tau aturan loh ya. Bukan ngegeber ugal-ugalan gitu. Karena semua motor kita setingan touring kecuali motor Manda yg tipe bebek, akhirnya dia ketinggalan jauh saat memasuki kebun teh Gunung Mas. Kita semua berhenti buat nungguin dia. Ada kali sekitar 10 menit lamanya kita nunggu. Setelah liat dia dateng, kita semua langsung bergerak lagi. Saat didaerah kebun teh itu sekitar pukul 09.30 dan hawanya dingin parah walaupun matahari lumayan mulai terik. Gue yg cuma pake jaket tipis dan gak pake sarung tangan akhirnya gue kedinginan dan jari gue berasa beku sampe mati rasa.

di jalan raya Puncak. Siang itu cerah. Terlihat Gunung Gede Pangrango didepan
Pukul 10.00 akhirnya kita tiba juga di Cibodas. Untuk masuk ke Curug Cibereum itu harus lewat Cibodas dan kagetnya *norak sebenernya*, ternyata Curug Cibereum itu ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango !! Dan menuju kesana melewati jalur pendakian ke Gunung Gede Pangrango, tetapi di Pos Panyancangan kita belok ke kanan yg ke arah curug. Disinilah kebegoan gue. Gue salah kostum !! Gue malah pake sepatu yg biasa dibuat ke kampus. Bukan cuma gue sih, banyak juga yg salah kostum. Sialnya Opang yg udah pernah ke Cibereum dan Ambon yg udah pernah ke Puncak Gede gak bilang kalo kesana melewati jalur pendakian. Yaudahlah hajar aja, bodo deh sepatu jebol.
welcome to Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Sampe di resort Mandalawangi kita izin lebih dahulu dan beli tiket ke Curug Cibereum seharga 5.500. Kalo ke curug kita hanya butuh tiket, tetapi kalo ingin mendaki sampai puncak kita harus mengurus SIMAKSI terlebih dahulu. SIMAKSI itu Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi. Gak punya SIMAKSI dan ketahuan ranger, bisa kena sanksi. Dasar anak-anak pas ditanya siapa ketuanya, eh gue yg dijadiin ketua.. zzzzz...

Oke gapapalah.. Mari kita mendaki !! Ambon yg udah pernah nanjak ke Gede langsung ngacir duluan. Yang gue kaget Ray ternyata ikutin Ambon !! Sedangkan gue harus backup Aan, Gadis, Manda, dan ceweknya. Opang sama Desi kayaknya juga udah ngacir duluan. Trek menuju ke curug ternyata terdiri dari batu yg disusun menyerupai tangga. Mungkin biar gak licin kali ya treknya. Tapi akhirnya jadi nguras tenaga banget terutama kayak Manda dan Aan yg badannya yaaaaa....... liat aja difoto deh. Hehe.. Gadis juga sempet kesakitan kakinya karena salah sepatu. Tadinya gue yg mau ganti sendal outdoor yg gue bawa akhirnya gue relain gue kasih ke Gadis.  Karena mereka berempat bentar-bentar istirahat akhirnya air minum yg kita bawa mulai habis. Dan gue jadi gampang capek kalo bentar-bentar istirahat. Gue juga waktu itu baru inget kalo Opang itu sebenernya ikut bareng Ambon sama Ray, dan berarti Desi sendirian didepan. Maka itu gue tinggalin mereka berempat dan lebih milih ngejar Desi diatas. Setelah gue kejar ternyata bener si Desi lagi jalan sendirian. Akhirnya gue temenin Desi dan terus jalan, yg ternyata gak jauh didepan Opang lagi diam nungguin rombongan yg dibelakang. Jadi kita terpisah 3 rombongan. Ambon sama Ray didepan, Gue, Desi dan Opang ditengah, Sisanya dibelakang yg gue gak tau seberapa jauh jaraknya.

rawa gayonggong
Gue bertiga nikmatin trek yg disajikan. Sekali dua kali harus lompatin pohon besar yg tumbang. Setelah sekitar 45 menit pendakian gak ada bonus, akhirnya sampailah di jembatan kayu Rawa Gayonggong. Disana dengkul gue bisa nafas, dan indah banget pemandangannya. Gunung Pangrango terlihat walaupun sebagian puncaknya tertutup kabut. Walaupun disana treknya datar tapi kita lanjut terus biar gak terlalu capek. Setelah melewati jembatan kayu mulai terdengar suara gemuruh air seperti suara air terjun. Disitu gue semangatin Desi yg mulai loyo dengan iming-iming kalo lokasinya udah deket. Hehe.. Setelah 1 jam akhirnya gue bertiga sampe di Pos Panyancangan. Haus mulai melanda karena kita bertiga cuma bawa 1 liter botol air dan air itu habis kita teguk saat istirahat di pos. Sisa airnya dibawa rombongan Aan.

Setelah istirahat agak lama dan gak ada tanda-tanda rombongan Aan menyusul, kita lanjutkan perjalanan. Kita belok kanan dari pos tersebut. Karena kalo ke kiri adalah jalur menuju puncak Gede dan Pangrango. Oia, saat itu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) lagi tutup. Semua aktifitas pendakian dilarang kecuali ke Curug Cibereum. Jadinya sepi banget jalur dari bawah sampai di Pos Panyancangan.

Curug Cibereum
Sekitar 2 jam pendakian tepatnya pukul 12.00 akhirnya gue bertiga sampe di curug. Sedangkan Ambon dan Ray udah sampe 60 menit lebih dulu dari gue. Wew mereka ternyata geber terus sampe atas. Ngarep Ambon atau Ray megang air minum, ternyata airnya udah habis. Dan gue mending langsung main air dibawah air terjun sambil sedikit-sedikit gue teguk airnya. Ibarat kayak nemu oasis gitu. Haha !! Sejam berikutnya rombongan Aan, Gadis, Manda dan ceweknya baru tiba. Aan langsung tepar dan tidur di saung yg terdapat disana.

Batu tuh bro !! Bacan !! Haha !!
2 jam kita main air disana sampe gak berasa capeknya. Setelah ganti pakaian basah di wc umum yg terdapat disana, sekitar pukul 14.00 akhirnya kita turun dengan botol kosong di tas. Oia, walaupun disana ada wc umum, tapi kita tetep loh gak boleh menggunakan odol, sabun, atau shampo. Karena air yg mengalir bisa tercemar !! Sedangkan air di TNGGP itu adalah sumber air untuk minum hewan-hewan liar yg berada dikawasan tersebut. Oia, di TNGGP juga masih terdapat macan kumbang yg katanya masih sering melintas dijembatan kayu Rawa Gayonggong.

Hanya perlu waktu 1 jam untuk turun sampai pintu keluar. Sekitar pukul 15.00 kita pulang dan makan dulu diwarung sunda yg gak jauh dari Cibodas. Makanannya enak dan murah !! Karena badan mulai capek akhirnya rencana nongkrong sambil makan gemblong di Puncak pas dibatalin. Kita langsung pulang dan mereka istirahat dulu dirumah gue sebelum pulang kerumah masing-masing.

Touring sama anak Topaz emang seru banget. Banyak hal-hal konyol yg bikin perut gak kuat nahan ketawa. Dan trip kali ini bener-bener nguras tenaga karena harus nyetir motor dari Jakarta-Puncak PP, dan harus hiking di TNGGP. Hasilnya betis kaku semua. Dan ini daftar pengeluaran biaya gue ke Curug Cibereum :

Bensin Premium : Rp. 50.000 (Bensin mau naik atau enggak cukup buat PP)