CURUG CILEMBER, BOGOR : Bernostalgia Saat LDKS OSIS SMP

Mpil, ke Curug Cibereum yok !?
Ayolah.. Naek apaan ??
Naek motor ajalah.. Masih kawasan Puncak ini..
Yaudah kapan nih ??
Minggu besok berangkatlah !!
Oke !!

Sekiranya seperti itulah obrolan gue sama temen gue si Renvil yg suka dipanggil Mpil atau Upil saat gue main dirumahnya. Disana bukan cuma gue berdua doang karena malam itu ada Pandu si cowoknya Mpil (bentar lagi mau merid), Opang si adek gue yg selalu nguntilin kemanapun gue pergi, dan Ocha temen karang taruna (CPP) tempo dulu yg lagi pulang ke Jakarta dalam rangka liburan semester. Dia kuliah di PTN ternama di Semarang. Malam itu kita seperti reunian karena kita semua udah lama banget gak ketemu walaupun rumahnya pada deket banget. Mungkin karena sibuk kuliah dan kerja dan kebetulan saat itu CPP udah vakum selama 5 tahun. Mumpung lagi kumpul kita pengen sekali-kali ngetrip. Saat itu gue ngasih usul kalo ke Curug Cibereum dan mereka setuju.

Gue antusias banget buat jalan-jalan kali ini karena kali ini gue udah lepas dari kekangan pacar-pacar gue. Gue udah putus dan gue bahagia !! Haha !! Akhirnya gue bisa kemana aja tanpa dicurigain dll sama pacar. Laaaahh..... Jadi curhat gini... Oke skip skip. Sehari sebelum berangkat gue udah cek kondisi motor gue. Ini jadi pertama kalinya gue kedaerah Puncak naik motor !! Norak banget ya gue ?? Emang.. Haha !!

Rencananya besok berangkat sekitar pukul 07.00 dan perkiraan tiba di Cibereum pukul 11.00 dan berharap cuaca cerah. Tapi ternyata paginya cuaca malah mendung, dan motor gue trouble !! Bohlam lampu yg baru gue ganti ternyata putus !! Itu bohlam gue beli pas touring ke Sawarna. Tadinya gue yg nyuruh jangan pada ngaret kumpulnya, eh ternyata gue yg bikin ngaret. Pagi itu gue cari kesana sini toko assesoris motor yg udah buka buat beli bohlam. Dan akhirnya gue ngaret sampe pukul 09.00 *maapkan gue teman-teman*. Urusan motor kelar gue langsung ngacir kerumah Mpil. Ocha juga udah nunggu dari pukul 07.00 disana. Dan sialnya lagi-lagi ada masalah. Sekarang Fathan, adeknya Mpil, gak jadi ikut. Opang yg tadinya mau boncengan sama dia akhirnya gak bisa dan jadinya Opang gak dapet motor. Kenapa gak dapet motor, soalnya cuma ada 2 motor saat itu. Gue boncengan sama Ocha dan Pandu boncengan sama Mpil. Untungnya Pandu bersedia pinjemin motornya yg satu lagi buat Opang. Akhirnya pukul 10.00 kita baru berangkat dengan cuaca yg mendung.

Dari komplek rumah gue di Kalisari kita menuju jalan raya Bogor. Baru sampe di Cimanggis kita langsung diguyur hujan dan terpaksa ganti sepatu menjadi sendal dan memakai jas hujan. Perjalanan dilanjutkan melewati Sentul. Rencananya kita mau lewat Bukit Pelangi buat ngehindarin macetnya kota Bogor saat weekend. Ide lewat sana itu adalah idenya Opang. Cuma dia yg pernah lewat Bukit Pelangi dan dia yg tau jalan. Gue sebenernya dulu pernah lewat sana tapi gue lupa-lupa inget jalannya. Perjalanan pun lancar jaya sampe akhirnya kita masuk ke jalan raya Puncak. Baru inget kalo kita semua belum ada yg sempet sarapan, jadinya kita berhenti disalah satu SPBU yg ada minimarketnya. Di SPBU kita beli roti buat sarapan dan gue gak ketinggalan beli minuman "orang pintar" biar gak masuk angin *you know laahh.. *. Sambil makan roti kita diskusiin jadi atau gak ke Curug Cibereum. Setelah gue pikir di SPBU udah pukul 12.00 dan kata Opang Cibereum ditutup sekitar pukul 15.00, jadi gue suruh pilih alternatifnya kemana selain Cibereum. 

"Mpil, jadi kemana nih ?? Kalo ke Cibereum kayaknya gak keburu. Soalnya kita udah payah gini gara-gara keujanan terus kabut tebel banget", kata gue.
"Gimana kalo ke Curug Nangka ??", kata Mpil.
"Curug Nangka dimana tuh ??", gue nanya.
"Gue gak tau. Katanya masih daerah Bogor. Mungkin masih didaerah Puncak. Nanti tanya orang aja.", Mpil jelasin.

Yah akhirnya kita merubah tujuan yg gak jelas tujuannya itu dimana karena pada gak tau Curug Nangka itu dimana. Lalu kita coba terusin perjalanan sampe didaerah Cisarua tepatnya didekat jalan menuju Curug Cilember. Disana gue coba tanya sama akang-akang yg ada dipinggir jalan. Dan mereka gak tau Curug Nangka itu dimana. Feeling gue sih Curug itu bukan ada didaerah Puncak. Mau googling di hape males banget keluarin hapenya karena cuaca siang itu masih gerimis. Daripada gak jadi kemana-mana dan udah jauh gini, akhirnya gue putusin ke Curug Cilember aja.

"Yaudah mending kita ke Cilember aja !!", kata gue.
"Emang lo tau jalannya ??", Mpil nanya ke gue.
"Tau kok. Dulu pas masih SMP gue pernah hiking kesana. Mudah-mudahan gue masih inget sih. Soalnya itu kan dulu", kata gue.

Lalu kita pergi menuju Curug Cilember. Patokan jalannya itu pokoknya sebelum Hotel Puncak Raya ada plang ke arah Curug 7 Cilember, terus belok aja kesana. Saat lewat sana gue jadi teringat kenangan saat gue masih SMP dan mengikuti kegiatan LDKS OSIS *gini-gini anak OSIS nih dulu..". Dulu gue nginep di villa TNI dan jalan kaki sekitar 2 jam menuju Curug Cilember. Itu sekitar tahun 2004 an, berarti 10 tahun yg lalu. Lagi asik nostalgia eh gue nemu pertigaan. Disanalah gue lupa harus kearah mana. Tapi Pandu waktu itu sok tau banget, kata dia belok kiri dan dia tau jalannya. Akhirnya Pandu yg mimpin jalan dan gue masih mikir-mikir kok jalannya makin nurun dan makin jauh dari pegunungan. Sedangkan air terjun kan adanya didaerah pegunungan atau perbukitan. Setelah sekitar 30 menit gak sampe-sampe akhirnya barulah kita sadar kalo kita salah jalan... Ndu.. nduu... Asal milih jalan aja sih lo...

Lalu kita balik arah dan menuju ke jalan yg benar *ciyaelaah*. Sampe disana gue bener-bener pangling banget. Dulu pas tahun 2004 jalanannya masih batu-batu dan lokasi curugnya belum serapih sekarang. Kita langsung parkir motor lalu menuju loket untuk membeli tiket masuk. Gue kaget setengah mati, dulu gue cuma bayar 2.000 sekarang tiketnya udah 13.000 !! Taman Kupu-kupunya juga udah berubah drastis. Kalo dulu masih jelek tapi sekarang udah bagus. 

Jalan menanjak melewati anak tangga yg terdiri dari batu yg disusun akhirnya sampai dilokasi Curug 7. Dinamain Curug 7 karena di Curug Cilember terdapat 7 curug. Untuk mencapai ke lokasi Curug 6 hingga 1 kita harus naik keatas lagi. Tapi saat itu gue lebih milih nikmatin di Curug 7 aja. Walaupun rame banget suasananya tapi disini lebih aman. Karena dulu gue pernah coba naik menuju Curug 6 tapi treknya bahaya banget. Entah sekarang udah dipugar atau gimana tapi lebih nyaman dibawah walaupun padetnya manusia yg liburan kesini. Sampe-sampe gue mau foto-foto pun susah. Mau ambil background air tejunnya aja susahnya minta ampun. Akhirnya kita gak lama-lama disana. Setelah puas, kita langsung pulang dan sebelum pulang kita sempetin makan dulu disalah satu restoran fast food. Seharian kehujanan dan perut baru keisi roti jadi ganaslah kita liat makanan. Haha !!

Gue bersyukur dulu dikasih kesempatan ke Curug Cilember saat belum komersial banget. Jadi disana masih asri dan bisa puas main dibawah air terjun. Walaupun gak ada foto saat dulu gue kesana, tapi masih terbayang diingatan gue. Apalagi dulu kesana bareng gebetan. Bhahaha !! *mudah-mudahan doi baca tulisan gue* *ngarep*. Selanjutnya gue bakal lanjutin jalan-jalan yg gak kalah seru dan pastinya gue selalu ngetrip bersama teman-teman gue. Karena berbagi kisah saat traveling bersama teman-teman lebih seru ketimbang bersolo ria. Hehe...

Sebelum pengunjung rame yg dateng. Kita juga masih pake jas hujan karena siang itu tetep gerimis

Pas mulai rame dijamin gak bakal dapet foto yg viewnya keren

Trek turun. Gue ditinggal dibelakang.....

Penampakan motor kita berlima yg terparkir

My Thundieeee........

Total biaya yg gue keluarin dari Jakarta - Curug Cilember :

Bensin Premium : Rp. 50.000 (Walaupun harga bensin naik isi segitu tetep cukup buat PP)
Roti : Rp. 8.500
Minuman Orang Pintar : Rp. 5.000
Parkir motor : Rp. 2.500 (lupa soalnya waktu itu dibayarin Mpil)
Tiket masuk : Rp. 13.000
Makan : Rp. 30.000

Bawa duit cuma 100.000 lo masih bisa hidup kok :D 

0 komentar: