CURUG CIKASO, SUKABUMI : Air Terjun Paling Epic Di Jawa Barat !!

Curug Cikaso terletak di Surade, Sukabumi. Lokasinya cuma berjarak 30 menit dari Ujung Genteng. Maka itu sebelum pulang ke Jakarta gue dan temen-temen CPP bakal mampir kesana. Setelah packing-packing dan cek out, pukul 11.00 kita langsung pergi meninggalkan Ujung Genteng. Seharusnya perjalanan cuma makan waktu 30 menit, tapi karena gue nyasar akhirnya jadi ngaret sekitar 1 jam-an. Sebenernya gak nyasar juga sih, cuma jalan yg gue lewatin itu muter-muter lewatin perkampungan dan jalan kecil. Dulu gue pas sama anak Topaz gak ke Cikaso karena waktu itu bener-bener musim kemarau sehingga debit airnya sangat sangat kecil menurut orang-orang yg gue tanya di Ujung Genteng. Jadi kali ini gue ke Cikaso cuma modal plang petunjuk arah doang. Jadi ada petunjuk ke Cikaso belok kanan ya belok kanan. Sebenernya kalo mau yg cepet misalnya dari arah Ujung Genteng ada pertigaan gak jauh setelah SPBU Surade, lalu belok kanan. Jadi gak muter-muter jalannya.
Kalo udah liat petunjuk ini janan sampe kelewatan !!
Pemandangan disepanjang jalan menuju Cikaso sangat indah banget. Jalannya melewati bukit-bukit. Lalu kalo kita liat ada plang petunjuk ke arah curug, kita belok kesana dan nanti dicegat sama petugas disana buat bayar tiket masuk mobil. Untungnya Pandu punya akses buat kesana. Jadi kita masuk secara gratis tis tiiiisss... Haha !! Setelah masuk kita parkir mobil dan nentuin pilihan buat menuju ke curug. Ada 2 pilihan buat menuju curug yaitu dengan jalan kaki atau hiking, tapi bisa juga naik perahu yg harga sewa perahu untuk 10 orang sebesar 60.000. Karena pakaian kita saat itu bukan pakaian hiking dan harus simpen tenaga buat perjalanan pulang, maka itu kita lebih milih sewa perahu.

Perahu yg kita sewa
Curug Cikaso letaknya deket banget dengan sungai. Jarang-jarang banget kan ke air terjun tapi buat menuju kesana naik perahu. Karena cuaca siang itu cerah dan kemaren gak hujan, jadinya sungainya berwarna hijau dan indah diliat. Beda kalo hujan, airnya bisa warna coklat mirip-mirip Ciliwung gitulah.. Dengan naik perahu kita hanya butuh waktu 5 menit aja buat sampe ke curug. Lalu kita jalan kaki sebentar dan sampailah di Curug Cikaso !!
ABK kapal. Haha !!
Sampai disana gue kaget liat ada bekas police line. Gue pikir pasti belum lama ada yg tenggelam di curug ini. Karena Curug Cikaso ini mempunyai kolam dengan kedalaman kurang lebih 4 meter. Gak disaranin buat yg gak bisa berenang. Biar aman mending gue nyantai-nyantai aja duduk diatas batu-batu. Malah si Rafi sibuk nyari-nyari batu buat dijadiin batu akik. Hadeeeeeeehhhh........ Kang Batu..... Pukul 13.00 akhirnya kita putusin untuk pulang. Menuju parkiran kita bisa naik perahu lagi yg nungguin kita disana.
Ini gue tau penyebab 2 orang itu ngelamun.. Haha !!

Curug Cikaso. Debit airnya sedikit karena musim kemarau. Untung masih ada airnya.
Perjalanan pulang cukup lancar dan kita sempet makan siang dengan MIE GORENG LODOH buatan Anis disebuah warung yg viewnya menghadap kearah Pelabuhan Ratu. Karena tiba didaerah jalan raya Sukabumi udah siang, akhirnya kita kena macet parah dan akhirnya terpaksa lewat jalur alternatif yg menuju kota Bogor. Kita tiba di Jakarta pada pukul 09.00 dengan selamat sentosa.
Perjalanan pulang..

Makan siang.. Roni kayaknya keracunan Mie Goreng Lodoh itu.. Haha !!

View dari warung
Oia, setelah foto-foto di Curug Cikaso gue upload ke Instagram, temen SMA gue ada yg comment. Setelah dia nanya-nanya ke gue dan gue ceritain ada police line disana ternyata police line itu bekas kejadian kakak iparnya temen gue. Kakak iparnya ke Cikaso dua minggu sebelum gue dateng dan dia tenggelam akibat kaki keram hingga meninggal. Jenazahnya ditemuin dikedalaman 4 meteran. Makanya hati-hati kalo berenang disana. Jangan asal loncat ke air, lebih baik pemanasan lebih dahulu.

Trip kali ini ke Ujung Genteng dan Curug Cikaso memakan waktu 3 hari 2 malam. 1 malam dijalan dan 1 malam di Ujung Genteng. Total keseluruhan biaya pribadi dan kelompok termasuk akomodasi sebagai berikut :