UJUNG GENTENG, SUKABUMI : Pantai Pangumbahan Dan Area Pelestarian Penyu [PART 2]

Setelah dari Amanda Ratu lalu kita menuju ke Pantai Pangumbahan yg lokasinya udah gak jauh lagi. Jaraknya cuma sekitar 10 menit kalo gak salah. Saat memasuki kawasan Ujung Genteng kita dikenakan biaya retribusi wisata sebesar 25.000 per mobil. Patokan jalan yg menuju ke Pantai Pangumbuhan adalah ada plang Turtle Beach Resort, lalu kita belok kanan. Ada hal konyol disini, Rafi yg gak tau jalan dan Opang yg lupa patokannya mereka akhirnya kelewat jauh dan terpaksa gue harus nunggu sekitar 5 menitan. Kalo lurus terus itu jalan menuju ke tempat pelelangan ikan. Setelah belok kanan ikutin aja jalan tersebut sampe ketemu gapura.

Jalanan dari Amanda Ratu menuju Pantai Pangumbuhan
Disepanjang jalan itu jalanan mulai gak beraspal melainkan kita harus melewati jalan berpasir karena jalannya berada persis dipinggir pantai. Jadwal kita pagi ini pada pukul 07.00 ialah sarapan bubur dan mancing. Kebetulan gue bawa 2 set alat pancing beserta pernak perniknya. Jadi gue dan yg lain sarapan sedangkan Pandu dan Opang langsung mancing. Saat itu gue gak tertarik buat mancing, karena dulu gue mancing disana dan gak dapet-dapet ikannya. Haha !!

Mobil harus melewati trek tersebut di Pantai Pangumbuhan

Pandu dan Opang katanya mau mancing. Haha !!

Para ladies dan ikan pesut makan bubur ayam. Dikiri ada 2 mobil kita yg lagi indehoy dipantai.

Spot pantai buat mancing karena banyak karang-karang. Airnya bening banget !!
Urusan perut dan mancing yg akhirnya emang terbukti gagal karena Pandu dan Opang gak dapet ikan, lalu kita putusin buat pergi cari penginapan yg sebelumnya kita udah booking. Nama penginapannya ialah Pondok Alief. Gue pilih disana karena lokasinya yg gak jauh dari Area Pelestarian Penyu daripada ditempat gue dulu di Pondok Adi yg lokasinya sangat jauh. Sampai di Pondok Alief tadinya kita booking kamar tipe Tuna. Tapi setelah liat langsung ditempat model ruangannya gimana akhirnya gue lebih milih kamar tipe Barracuda karena harganya lebih murah, jadi bisa pesen 2 kamar yg 1 kamarnya bonus dapur dan ekstra bed. Total 2 kamar yg kita sewa itu cuma 500.000 aja.

Diteras kamar pada rebutan lotion. Padahal akhirnya gosong semua.
Deal kamar udah selesai, lalu kita nurunin semua barang dimobil dan siap-siap main air di Pantai Batu Besar yg disana banyak bule-bule pada surfing. Pukul 09.00 kita pergi kesana dengan mobil karena pantai Ujung Genteng sangat panjang. Kalo jalan kaki bisa gempor duluan dan betis siap-siap jadi kayak talas. Haha !! Diperjalanan kesana gue jadi keinget kenangan gue disana pas sama anak Topaz. Emang sih ada yg beda ditrip kali ini. Lebih seru sama anak Topaz dulu. Mungkin karena kali ini gue bawa temen-temen baru, jadi banyak yg masih kaku. Tapi dasar gue orangnya harus bisa bikin pecah suasana, maka itu gue bikinlah kekonyol-konyolan yg bikin semua pada ngakak-ngakakan.

Mari kita cusss... (masih didalem area Pondok Alief)

Sampe disana kita parkir mobil dan langsung main-main dipantai yg berpasir putih dan ombak yg gede. Gue pun sempet dikubur pasir sama temen-temen walaupun kalo dulu sama anak Topaz malah hape gue yg dikubur.... hhhh... Gue liat disana suasana mulai cair, gue liat temen-temen gue mulai gak malu berbaur dan bercanda. Kalo gue sih ketauan gak pernah malu. Malu-maluin iyaa... Haha !! Dipantai itu banyak bule yg surfing dan sempet diajak ngobrol dan foto bareng Rafi.

Roni, Pandu, Opang, Rafi, Gue, Alvin

Agni, Mpil, Anggi, Resti, Anis

Masa dewasa sangat bahagia. Haha !!
Pukul 12.00 akhirnya kita selesai main-mainnya karena kita butuh istirahat. Dari semalem kita belum ada yg tidur terutama sopir dan kernetnya. Sampai dipenginapan gue lebih milih mandi dulu baru tidur. Lalu pukul 15.00 kita semua udah bangun dan bersiap-siap melihat sunset di Area Pelestarian Penyu. Kalo hoki, kita juga bisa menyaksikan pelepasan tukik atau anak penyu ke laut. Menuju kesana dari Pantai Batu Besar tadi masih harus lurus lagi. Kali ini untuk masuk ke Area Pelestarian Penyu dikenakan biaya sebesar 5.000 per orang. Padahal dulu gue bebas tinggal masuk-masuk aja.

Melepaskan tukik..
Untung cuaca sore itu cerah, jadi gue gak bakal di php-in buat liat sunset. Dan kali ini gue beruntung banget. Hari ini ada telur penyu yg menetas dan kita bisa melepas anak penyu tersebut pada pukul 17.00. Pada saatnya tiba dan berbarengan dengan matahari yg mulai tenggelam, kita disuruh berdiri dibatasi dengan garis yg udah dibuat oleh petugas disana. Lalu tukik-tukik dipamerin dulu ke pengunjung biar bisa didokumentasikan. Lalu tukik tersebut dilepas dan mereka berlarian ke bibir pantai dan menghilang tersapu oleh ombak. Sore itu perfect banget buat gue karena dulu gue gagal untuk menyakiskan atraksi kayak gini akibat gak ada telur penyu yg menetas. Oia, kita juga bisa liat penyu bertelur pada malam hari. Tapi sayangnya buat nyaksiin itu kita harus bayar sekitar 150.000. Harganya setengah dari budget gue. Haha !! Mending duitnya buat nanti malem BBQan.

Sunset oooo sunset....
Pukul 18.00 akhirnya kita balik ke penginapan. Agendanya sih sebenernya mau ke pelelangan ikan buat beli ikan dan kita bakar-bakar dipenginapan. Tapi ternyata Pondok Alief menyediakan semua kebutuhan BBQ dari ikan sampe alat BBQnya. Bahkan ada paketannya juga. Saat itu gue milih paket Kakap merah, Udang, Cumi, Lalapan, Sambel dengan harga 200.000. Masalah nasi kita gak pesen lagi soalnya kita ini pengiritan. Haha !! Beras udah dibawa dari rumah dan para wanita udah masak nasi didapur. Maka itu gue pilih kamar yg ada dapurnya !! Malam itu cukup seru walaupun BBQ kali ini gak seseru sama anak Topaz di Ujung Genteng. Bukannya gimana gimana ya.. Tapi kalo sama anak Topaz tiap ngetrip selalu dimanfaatin buat seru-seruan. Beda kalo sama anak CPP. Gue, Pandu, Opang, Mpil, dan Anis lagi BBQan, yg lain malah tidur-tiduran bahkan ada yg tidur beneran. Yah para junior asik didalem kamar dan terima jadi doang *jadi curhat*.
BBQ time !!!
Sesi makan malam hasil BBQ kelar pada pukul 21.00, lalu gue celetukin ke temen-temen yg masih kuat buat melek.

"Ini masih sore, besok juga udah pulang, ngapain banget kesini cuma buat tidur?? Manfaatin tiap waktunya !! Yok sekarang ikut gue gelap-gelapan dipinggir pantai !!", kata gue.

Akhirnya Agni, Anis, Anggi ikut gue kepinggir pantai. Kalo Opang jangan ditanya.. Dia pasti selalu nguntilin gue.. Haha !! Dipinggir pantai kita duduk-duduk sambil melihat kelangit yg bertaburan bintang. Milky way pun kelihatan dan gak sedikit ada bintang jatuh. Tapi sayang malam itu ada sekumpulan orang yg bakar api unggun diatas pasir putih. Lalu saat apinya mati mereka main tinggal aja. Akhirnya pasirnya jadi kotor dan berwarna hitam. Sampah pun berceceran. Ini yg gue gak suka. BANYAK YANG NGAKU TRAVELER TAPI GAK PEDULI KEBERSIHAN DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN !!

Lalu pada pukul 23.00 kita balik ke penginapan dan istirahat. Pagi sekitar pukul 05.30 gue langsung bangun dan pergi ke pinggir pantai yg saat itu sedang surut. Karena sedang surut karang-karang pun terlihat. Lalu gue berjalan kesana dengan menenteng 2 kamera DSLR. Terlihat disana biota laut yg terjebak air surut seperti ikan-ikan dan banyak bulu babi disela-sela karang. Gue beruntung saat itu gue nemu bintang laut. Pagi itu gue cuma sendiri disana walaupun akhirnya temen-temen yg lain nyusulin gue dan pengen foto bareng si patrick star. Haha !!

Berjalan diatas karang dengan latar belakang sunrise..
Biota laut yg gue temuin dari bintang laut, teripang, bulu babi sampe keong racun. eh... haha !!

Bintang laut yg gue temuin...

Setelah itu gue balik kepenginapan dan mandi. Karena pukul 10.00 kita harus udah pulang. Tapi kita gak langsung pulang. Kita rencana akan mampir disebuah air terjun yg epic banget yg lokasinya gak jauh dari Ujung Genteng !! Mau tau air terjun apa?? Nanti bakal gue ceritain di postingan berikutnya...