SAWARNA, BANTEN : My First Time Touring !!

Ini cerita jauh dari sebelum gue ngetrip ke curug-curug dan pantai Ujung Genteng bareng anak CPP. Tepatnya bulan November 2013, pertama kalinya gue touring, nyetir motor terjauh selama ini. Dan pertama kalinya Topaz ngejalanin touring !! Tujuan gue kali ini ke Sawarna yg letaknya di Banten. Ini ada kaitannya sama cerita gue pas ke Curug Cibereum waktu itu. Karena touring ini touring yg pertama kali, jadi cewek-cewek disaranin jangan ada yg ikut demi keamanan. Maka itu cewek-cewek kayak Desi dan Gadis pada ngiri sama Gue, Opang, Ray, Ambon, Aan. Gue touring bareng mereka berempat. Sebenernya banyak sih mau yg ikut kayak Uta sama Manda, tapi akhirnya mereka batalin dengan alesan motornya yg ginilaaaahh.... gitulaaaaahhh..... Yowis akhirnya cuma kita berlima yg berangkat dengan 3 motor. Awalnya punya ide touring sebenernya ide pas gue lagi kumpul sama anak Topaz kayak biasanya di Tebet. Buat yg tinggal udah lama banget di Tebet pasti tau yg namanya Topaz. Apalagi lapangan dan tim basketnya.

Malam itu kita kumpul sambil ngobrol-ngobrol dilapangan. Lagi asik-asik ngobrol ngalor ngidul ada celetukan dari Aan.

"Motor tangki depan semua nih ??", kata Aan. Kebetulan motor gue Thunder, Aan Scorpio, Ray Tiger. Waktu itu Ambon motornya masih Smash.
"Yaudah touring lah kita..", kata gue.
"Puncak yok !?", kata Ray.
"Mainstream banget puncak. Yg jauhanlah.. Ke Sawarna aja yok !!??", kata gue.
"Ayok aja. Lo tau jalannya gak Win??", kata Aan.
"Udaaah... Gampang....", kata gue.

Waktu itu gue sok tau banget. Padahal gue tau jalannya cuma sampe di Pelabuhan Ratu doang. Abis itu gue cuma modal katanya, katanya, katanya.. Haha !! Tapi gak masalah, traveling buta jalan itu lebih seru. Pasti banyak surprisenya. Akhirnya semua setuju buat touring ke Sawarna pada hari Sabtu, tanggal 9 November 2013. Rencananya kita berangkat Sabtu dini hari sekitar pukul 03.00 dengan perkiraan sampai Sawarna pukul 12.00. Selama jeda sampe hari H, gue selalu sibukin buat benerin kerusakan motor. Untungnya bokap dan Opang bisa benerin motor, jadi gue cuma modal spare part aja. Hehe..

Seperti biasa kalo anak Topaz biar ngehindarin ngaret, mereka lebih milih standby dirumah gue dari malam sebelumnya. Dan hari Jumat malemnya Ambon, Aan, dan Ray udah dateng kerumah gue. Oia, perjalanan kali ini bener-bener gak diatur sama sekali. Masalah tidur dimana, terus disana kemana aja, itu urusan nanti kalo udah disana. Padahal gue berangkat pas weekend yg resikonya penginapan pasti full dan mahal. Tapi yaudahlah, kali aja ngerandom gini malah jadi lebih seru. Malam itu kita manfaatin buat tidur walaupun cuma Ambon dan Aan doang yg bisa tidur. Sedangkan gue bentar-bentar kebangun. Malah Opang sama Ray bener-bener gak tidur. Mereka berdua malah gak ada abisnya ngopi. Sampe akhirnya udah pukul 03.00 dan nyokap gue bangun dari tidurnya dan ngibarin bendera start buat kita. Haha !!
Masih di SPBU Cimanggis
Pukul 03.00 berangkat dan isi bensin dulu di SPBU Cimanggis. Disana gue manfaatin buat cek tekanan angin ban motor dan minum minuman orang pintar biar angin gak masuk kebadan gue. Formasi saat itu gue boncengan sama Opang, Ray sama Ambon, dan Aan sendirian. Touring ini bener-bener nekat. Bayangin aja, kanvas koplingnya Ray udah mau habis, ban belakangnya Aan juga udah tipis banget, dan motor gue baru ketauan kalo vakum karburator gue bocor. Tapi bismillah aja deh.. Mudah-mudahan selamat sampai tujuan. Setelah itu kita lanjutin perjalanan melewati jalan raya Bogor.
Formasinya gue didepan, Ray ditengah, Aan dibelakang
Sampe di Cibinong motornya Ray mengalami trouble di lampu besarnya. Akhirnya kita cari toko assesoris yg buka dini hari itu. Pukul 04.00 kita akhirnya menemukan bengkel yg buka. Setelah bohlam lampu diganti, kita lanjutin perjalanan. Sejauh itu perjalanan masih lancar-lancar aja. Setelah memasuki daerah Ciawi, gue yg posisi saat itu paling depan diklaksonin Aan dari belakang. Ternyata motornya Ray trouble lagi. Kali ini motornya mogok karena gak kuat nanjak akibat kanvas kopling yg mulai habis. Ditambah karena boncengan. Maka itu gue putusin buat istirahat dulu dipinggir jalan sambil nunggu mesin motornya Ray dingin.
Lagi nunggu mesin motornya Ray adem didaerah Ciawi
Sekitar 30 menit kita berhenti dan pada pukul 05.30 akhirnya kita mulai jalan lagi. Rencana gue nanti sampe didaerah Lido, kita coba cari makanan buat sarapan seperti bubur ayam Sukabumi. Dan sampe di Lido, gue nemu bubur ayam Sukabumi. Pagi itu kita nyabu dulu yg harganya 10.000 per porsi udah termasuk 2 tusuk sate usus telor puyuh. Emang bener kata orang kalo laper ganas, kenyang bego. Sampe di SPBU sebelum belok kearah Cikidang, Ray sama Opang malah tepar. Mereka berdua malah ketiduran. Padahal tujuan gue ke SPBU cuma buat buang air doang *air kok dibuang-buang* *diminumlaaahh...* *laaaaaaahhh.......*.
Foto pas makan bubur gak tau hilang kemana. Adanya pas selesai makan buburnya.. Haha !!
Pukul 09.00 akhirnya kita baru masuk ke jalan Cikidang. Treknya pun mulai menanjak, menurun dan tikungannya itu loh bikin jantung mau copot. Ambon yg saat itu mulai keluarin kamera pocketnya buat ngerekam sampe akhirnya dia mutusin balik kantongin kameranya karena trek yg mulai nanjak lalu turunan tajam beserta tikungan yg aduhai. Sampe-sampe gue nyaris aja nyebur jurang karena motor gue gak ada engine breaknya. Maklum motor gue cc-nya kecil ditambah boncengan. Kanvas rem gue pun sampe ngebul dan nyaris blong. Untung gue masih bisa ngindarin tikungan itu. Karena kejadian tersebut akhirnya kita putusin buat istirahat sambil dinginin disk rem.
Rehat sejenak di Cikidang. Dari kiri Ray, Gue, Opang, Aan, Ambon. Waktu itu belum jamannya tongsis. Jadi kamera pocketnya Ambon digeletakin di jok motor. Makanya hasilnya miring !! Haha !!
Waktu itu udah pukul 11.00, tapi kita masih didaerah jalan Cikidang. Padahal target sampe ditujuan pukul 12.00. Dari situ gue pasrah aja.

"Yaudah kita jalan santai ajalah. Nikmatin perjalanan, sampe disana jam berapa bodo amatlah..", kata gue.

Lalu kita berangkat lagi dan pake kejadian nyasar gara-gara gue coba jalan tembus didaerah Pelabuhan Ratu. Gue pikir gue udah tenanglah udah sampe Pelabuhan Ratu. Soalnya didaerah sini jalanan mulai datar karena letaknya yg dipinggir pantai. Karena didaerah pantai siang itu jadinya cuacanya jadi terik parah. Akhirnya gue coba gantian sama Opang. Giliran dia yg ngerasain gimana naik motor diluar kota. Gue yg dibonceng saat itu rasanya asik banget ngeliat pantai dan laut disepanjang jalan sampe tiba-tiba trek kembali menanjak dan Opang ganas juga bawa motornya. Tanjakan turunan tikungan main libas aja dengan kecepatan lumayan tinggi.
Opang ngelibas turunan..
Akhirnya pukul 12.00 kita sampe diatas bukit yg kata orang namanya Bukit Habibi. Gue gak tau kenapa dinamain kayak nama presiden RI ke 3. Tapi view disini keren banget. Dari atas bukit kita bisa liat pegunungan, pantai, dan laut disepanjang Pelabuhan Ratu yg sebenernya itu adalah jalan yg tadi kita lewatin. Karena kali ini niatnya jalan santai, jadi kita santai-santai dulu diwarung yg ada disana sambil menikmati pemandangan dengan hangatnya kopi dan mie rebus. Lalu gue coba cek-cek semua motor termasuk motor Ray dan Aan. Gue kaget pas liat ban belakangnya Aan. Benang bannya mulai keliatan yg tandanya bannya siap-siap aja sobek.
View di Bukit Habibi
Gue mulai cemas waktu itu. Kata empunya warung ke Sawarna masih 2 jam lagi. Kita berangkat dengan berharap ada toko yg jual ban dideket-deket sini. Lalu ada masalah lagi, kali ini dari alam. Cuaca yg panas terik tiba-tiba langit berubah menjadi gelap segelap-gelapnya. Buat menghindari hujan dan takut ban motornya Aan selip dan kepleset dijalan akhirnya kita ngebut karena saat itu daerahnya masih sepi yg kanan kirinya hutan dan ladang. Ketika sampe didaerah yg gue lupa namanya, ada minimarket dan firasat gue itu minimarket terakhir sebelum sampe di Sawarna. Akhirnya kita putusin buat berhenti disana. Dan gak lama hujan pun mulai turun. Kita pun beruntung saat berteduh disana. Kayak nemu oasis dipadang pasir, ternyata ada toko ban beserta tukang tambel ban disebelah minimarket !! Alhamdulillah...
Si Thunder sambil nunggu si Scorpio diganti bannya..
Hasilnya pukul 15.00 baru bisa lanjutin perjalanan yg tinggal segelintir lagi. Ada gapura menuju Desa Sawarna, lalu kita belok kiri dan jalanan pun mulai menuruni bukit. Aan dengan ban motornya yg baru langsung ngacir sampe gak keliatan.. zzzzz... Sedangkan gue dan Ray harus berhati-hati diaspal yg basah habis diguyur hujan. Alhasil kita tiba di Desa Sawarna pada pukul 16.00 setelah menyebrang melewati jembatan goyang lalu membayar tiket wisata sebesar 5.000 rupiah per orang.

Disana kita sempet ditawarin penginapan atau pondok dari harga 300-350.000. Tapi kenyataannya setelah sampai disana uang kita semua menipis karena banyak jajan dijalan dan banyak jajan juga buat motor. Untungnya gue pernah dapet info kalo anak touring biasanya banyak yg tidur di saung-saung yg disewain dipinggir Pantai Ciantir. Yaudah akhirnya kita tolak tawaran tersebut dan langsung pergi ke pantai. Sampai disana gue coba survey harga dulu. Ternyata harga saung kalo weekend gini bisa dari 75-100.000. Terus gue coba pilih saung yg paling nyaman. Gue nemu saung yg masing-masing sisi saung ada kerainya. Jadi kalo malem bisa buat nahan angin laut yg semriwiiiiing...... Kali ini tugasnya Ray buat tawar menawar. Karena saung yg kita tempatin termasuk eksekutif, jadi kita dikenakan biaya 100.000 bonus bola plastik dan 2 batang rokok. Nice lah negoannya si Ray ini. Haha !!
Langsung tinggalin jejak gan !! "TOPAZ SAWARNA"
Yg gue suka dari anak Topaz ya gini nih.. Padahal perjalanan dari pagi buta sampe sore. Bahkan Ray dan Opang belum tidur dari semalem. Tapi ini liburan coy !! Abis susun barang-barang disaung, lalu kita ganti pakaian dan langsung main air di pantai. Capek gak berasa sama sekali disini. Pantai Ciantir memiliki pasir yg putih, lebih putih dari pasirnya Ujung Genteng kalo gue bilang. Tapi karena abis hujan dan cuaca masih mendung jadinya air laut gak keliatan biru, gak ada sunset, dan ombaknya yg besar. Gak cocok buat berenang sore itu pokoknya. Lalu kita liat kearah kiri dan keliatan tebing yg kita kira jaraknya dekat.

"Jalan kesono yok !! Sampe ke tebing !!", kata Ray.

Kita sih ayok-ayok aja. Pertama sih kita masih sempet bercanda-canda, lari-larian sambil nangkep Yuyu (kepiting kecil). Tapi lama-lama kita baru sadar kalo kita udah 30 menit jalan kaki diatas pasir belum sampe juga ditempat tujuan. Malah kita harus nyebrangin muara juga. Untung airnya cetek walaupun kadang suka ambles pas mijakin kaki. Jalan dipasir beda banget sama jalan di tanah. Betis rasanya udah kayak naik gunung pegelnya. Akhirnya setelah 1 jam berjalan kaki akhirnya sampai juga ditempat tujuan. Walaupun capek, kedinginan, betis rada-rada keram, akhirnya terbayar dengan pemandangan disana.
Pada tepar... Ini baru setengah perjalanan..
Disana kita cuma sebentar aja karena langit sebentar lagi mulai gelap. Pukul 17.15 akhirnya kita putusin balik buat ke saung lagi. Perjalanan balik juga makan waktu 1 jam dan tiba disaung pukul 18.30 dan langit udah gelap. Sampe disaung kita ganti-gantian ke wc umum buat mandi. Maklum udah seharian gak mandi. Hehe.. Badan udah seger sekarang giliran makan malem !! Disana sih banyak yg nawarin lobster dan ikan-ikan laut. Tapi ya karena budget kita udah tipiiiiiiiiiiiiiiiiisssss banget, jadinya kita cuma memesan nasi goreng ke ibu-ibu pemilik saung dengan harga 10.000 per porsi. Itu udah termasuk pake telor + kerupuk dan rasanya kayak nasi goreng hotel loh !! Gue liat disana banyak yg diriin tenda dan BBQan.. Rasanya jadi pengen gue sekali-kali nenda dipantai..
Sampai ditempat tujuan...
Setelah makan dan kenyang, gue pun mulai bego dan ketiduran. Malem di Sawarna bener-bener singkat buat gue karena gue ketiduran. Sedangkan yg lain katanya sih pada duduk-duduk dulu dipantai malem-malem. Dan mirisnya lagi, gue kebangun pas pukul 04.00 dan gak bisa tidur lagi. Gue coba keluar dari saung, dan baru kali ini gue ngeliat pantai yg berlimpah dengan orang-orang yg pada molor disaung. Pantai pun rame dengan suara ngorok orang-orang. Haha !!

Pukul 06.00 Ray, Ambon, Opang, Aan baru pada bangun dan kita semua langsung pesan sarapan mie rebus dan teh manis panas. Sambil nunggu makanan jadi, kita juga ganti-gantian mandi di wc umum. Oia, kalo mandi disana cuma dikenain 2.000 aja kok. Lalu kita briefing singkat dengan 3 keputusan sebagai berikut :
~ Pulang pukul 09.00 demi mengejar siaran bola ManUtd vs Arsenal (kita semua fans ManUtd). Hehe...
~ Sebelum pulang mampir ke Tanjung Layar yg jadi iconnya Sawarna.
~ Pulang lewat Cibadak. Kenapa gak lewat Cikidang lagi? Karena gue trauma dan ngeri kanvas rem makin abis.
Tanjung Layar.. Si Ambon gak sengaja ke crop gara-gara kamera digantung diranting pohon !! Haha !!
Barang-barang lalu kita kemas lagi ke box motor dan tas, lalu kita pergi ke Tanjung Layar. Icon Sawarna yg berbentuk karang menjulang tinggi hingga seperti berbentuk layar kapal. Disana kita hanya sebentar dan sekedar foto-foto aja, lalu kita lanjut perjalanan pulang. Di perjalanan pulang keadaannya lancar jaya. Perkiraan sampe di Jakarta pas maghrib eh ternyata masih siang sekitar pukul 14.00. Gila ternyata gak sadar kita semua bener-bener tancep gas dan jarang berhenti.

Sebenernya gue belum puas ke Sawarna karena disana banyak spot-spot yg bagus buat dikunjungi seperti Karang Taraje, Legon Pari, dan Goa Lalay. Oke spot-spot tersebut gue jadiin PR aja. Kapan-kapan jadinya gue bisa balik lagi ke Sawarna, tapi disaat musim panas !! Trip kali ini mengesankan buat gue walaupun cuma sebentar di Sawarna karena pengalaman di perjalanan sangat seru dan dapet pelajaran banyak dari sana.

Total biaya yg gue keluarin saat itu adalah :

Bensin Premium PP : Rp. 80.000 (sekarang mungkin Rp. 100.000 akibat bensin naik)
Minuman orang pintar : Rp. 10.000 / 4 bungkus
Bubur ayam di Lido : Rp. 10.000 / porsi (termasuk sate)
Kopi susu + Gorengan di Cikidang : Rp. 10.000
Teh panas + Mie rebus di Bukit Habibi : Rp. 15.000
Tiket masuk Desa Sawarna : Rp. 5.000 per orang
Sewa Saung : Rp. 100.000 (bonus bola plastik + rokok 2 batang)
Nasi goreng : Rp. 10.000 per porsi
Teh panas + Mie rebus di Pantai Ciantir : Rp. 12.000
WC umum : Rp. 6.000 (3x bolak balik)