GUNUNG GEDE VIA CIBODAS, JAWA BARAT : Terhenti Di Pos Kandak Badak


8 November 2014.. 
Hari itu jadi cerita pendakian pertama kali buat gue. Gue bukan pendaki latahan atau pendaki yg katanya kena demam film 5cm yg bikin Semeru rame didatengin pendaki. Keinginan mendaki gunung sebenernya udah ada dari gue SMP. Tapi keinginan gue itu perlu waktu 10 tahun sampe tercapai. Dapet izin yg susah dari orang tua alesan dari itu semua. Saat SMA gue dilarang masuk organisasi pecinta alam disekolah. Bahkan pas kuliah pun, gue tetep dilarang masuk MAPALA di kampus gue. Selama itu gue cuma bisa baca artikel-artikel tentang pendakian baik dari tentang jalur, survival, manajemen pendakian, dll. Teori tentang pendakian udah kenyang banget gue makan. Tinggal prakteknya aja gue beloman.

Gue udah gatel banget rasanya pengen nyicipin nanjak (baca: mendaki gunung), apalagi waktu itu gue udah ngerasain gimana rasanya hiking ke Curug Cibereum. Jadi tambah gatel aja deh gue pengen nanjak. Tujuan gue kali ini ke Gunung Gede yg ketinggiannya 2958 mdpl (meter diatas permukaan laut). Gue gak mau langsung ke gunung yg tinggi-tinggi. Gue sadar gue ini pemula dan nihil pengalaman di gunung. Jadi Gunung Gede gue pilih karena jalurnya yg jelas dan aman buat pemula kayak gue.Oia, jalurnya yg gue pilih adalah jalur Cibodas. Setelah cari akal biar dapet izin, gue mutusin buat diem-diem beli peralatan mendaki satu per satu seperti Carrier, Jaket gunung, Sarung tangan, Headlamp, Matras, Sleeping bag, dll. Pertamanya sih tuh barang pada muat masuk ke lemari gue. Tapi lama-lama pas semuanya kebeli, tuh barang jadi ngeluber dan akhirnya ketauan deh sama bokap nyokap gue.

"Itu peralatan gunung?? Emang mau kemana??", tanya nyokap.
"Mau ke Gede ma.. Pendek kok gunungnya..", kata gue.
"Jalurnya jelas gak?? Sama siapa aja?? Berapa orang??", giliran bokap yg nanya.
"Jelas kok.. santaiii... Kesana sama Ambon.. Dia kan udah pernah 2x ke Gede Pangrango. Semuanya ada 16 orang anak MAPALA UNJ.", gue ngibul tuh. Padahal itu anak UNJ pemula semua. Haha !!

Akhirnya setelah diinterogasi, akhirnya gue DIIZININ !! Dan disini Opang lagi-lagi ngambil keuntungan dari perizinan gue. Dia ngikut gue lagi dan dia bukannya beli peralatan malah enak banget dapet pinjeman dari temen-temennya. Maklum dia temennya banyak yg anak gunung, kalo gue boro-boro anak gunung, diajak ke pantai aja susahnya minta ampun. Lalu setelah mengurus perizinan ke orang tua, sekarang giliran ngurusin perizinan pendakian ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), yg biasa disebut SIMAKSI. Ngurus SIMAKSI kesana gak kalah susah. Selain online, gue juga harus berebut kuota pendakian untuk pendakian hari Sabtu. Untungnya Ambon yg udah pengalaman kesana mau ngurusin SIMAKSInya. Ya iyalah emang harusnya dia yg ngurus, toh kebanyakan temen kampusnya yg ikut. 

Singkat cerita, waktu itu Jumat malem pukul 22.00 semua harus udah kumpul di halte busway terminal Kp. Rambutan. Tapi dari sore pukul 17.00 sampe pukul 20.00 gue ada UTS dikampus yg didaerah Salemba. Akhirnya setelah kelar ngerjain soal yg untungnya gue konsen ngerjainnya, gue langsung kebut sampe rumah gue di Kalisari. Akhirnya pukul 21.00 udah sampe rumah dan dirumah gue, Opang dan Agni udah nungguin gue daritadi. Oia, waktu itu gue ngajak ajak Topaz dan CPP tapi cuma Agni dari CPP doang yg bersedia ikut. Kalo Topaz kan udah ada gue, Opang, sama Ambon... Hehe..

Pukul 21.00 kita bertiga langsung cabut ke Kp. Rambutan dengan angkot 112 jurusan Depok-Kp. Rambutan. Sampe disana ternyata Ambon dan temen-temennya udah sampe. Gue langsung salam kenal ke temen-temennya Ambon. Ternyata ada satu orang yg bukan temen kampusnya Ambon. Dia temen nanjaknya Ambon yaitu Bang Hamdi. Gue agak tenang karena ada 2 orang yg udah pengalaman nanjak. Lalu pukul 23.00 kita pergi ke peron terminal buat nyari bus Doa Ibu. Beruntung waktu itu gue dapet bus dalam keadaan masih kosong. Padahal banyak rombongan pendaki diterminal malem itu. Karena masih kosong, akhirnya semua carrier rombongan gue bisa masuk semua ke bagasi bus sampe full itu bagasi. Ada rombongan pendaki yg baru dateng dan pengen masukin tas ke bagasi ternyata udah full.. Haha !! Siapa cepat dia dapat !!
Ngeteh dulu di warung...
Pukul 23.30 kita berangkat dengan membayar karcis sebesar 15.000 per orang hingga pertigaan Cibodas. Dan pukul 02.00 dini hari gue baru sampe dipertigaan Cibodas akibat jalur Puncak yg macet karena ada longsor. Dari pertigaan menuju Cibodas kita harus menyewa angkot yg biayanya sekitar 8.000 per orang. Tergantung nego sama sopirnya sih. Sampe di Cibodas kita langsung ke Warung Barak Pondok Gede. Disana sambil nungguin Ambon dan Bang Hamdi ngurus SIMAKSI, gue dan yg lain coba minum teh panas. Dini hari itu cuaca sangat cerah dan dingin. Gue jadi optimis kalo pendakian kali ini gak dihajar hujan. Gue juga berharap gak kena November Rain. Biasanya November itu hujannya bener-bener deres.


Setelah itu, lalu kita semua bergerak menuju Resort Mandalawangi. Disana Ambon yg sebagai ketua rombongan harus acc ke petugas disana. Oia, kalo mau nanjak ke Gunung Gede Pangrango kita diwajibkan pake sepatu !! Dilarang pake sendal gunung !! Ada rombongan lain yg pake sendal gunung akhirnya dilarang sama ranger disana. Malah ketuanya sampe diomelin sama rangernya. Dirombongan kita ada sih yg bandel. Siapa lagi kalo bukan Bang Hamdi. Disaat kita nunggu Ambon, ternyata dia menyusup duluan didalam kegelapan !! Haha !! Setelah kelar lalu kita semua nemuin Bang Hamdi yg nunggu didepan, lalu kita berdoa bersama agar diberi keselamatan.
Start pendakian.. Ini masih pada belum jadi porter..
Dan akhirnya pendakian pun dimulai pada hari Sabtu, pukul 05.00 !! Gue yg udah tau treknya dari Resort sampe Pos Panyancangan lebih milih jadi Leader sedangkan Ambon dan Bang Hamdi ngeback-up dibelakang. Tapi baru beberapa puluh meter nanjak, para cewek-cewek kayak Agni, Ajeng, Yuni, Ina udah gak kuat gendong carriernya masing-masing. Akhirnya kita yg cowok-cowok harus jadi porternya mereka. Tas Carrier gendong depan belakang !! 
Telaga Biru yg lokasinya berada sebelum Rawa Gayonggong..
Dari awal nanjak gue udah mulai kecapean. Bukan karena ini pertama kalinya gue nanjak. Tapi hari itu pendakian ke Gede Pangrango padet banget. Selain karena berat bawa carrier depan belakang, gue juga harus gocek kanan kiri dari pendaki yg lagi istirahat dipinggir jalur. Bonus pun akhirnya dapet setelah gue sampe di Rawa Gayonggong. Disana katanya suka jadi lintasan Macan Kumbang loh !! Pukul 07.00, kita pun sampe di Pos Panyancangan. Disana kita putusin buat istirahat sekaligus sarapan. Gue yg gak sempet bawa bekal akhirnya cuma bisa celamitan ke temen-temen yg lain. Hehe..
Sarapan di Panyancangan...
1 jam istirahat lalu kita mulai lagi. Kali ini rencananya langsung geber sampe Pos Kandang Badak. Awalnya sih gue masih stabil. Tetapi ketika pas mau sampe di Pos Air Panas tiba-tiba paha kiri gue keram akibat keseringan berhenti nungguin temen-temen yg ketinggalan jauh dibelakang. Akibatnya sekarang gue yg ketinggalan jauh dibelakang sampe yg lain udah gak keliatan lagi. Sampe di Pos Air Panas paha kaki kiri gue makin jadi aja keramnya. Sampe-sampe kaki kiri gue kepleset dan nyebur ke air panas. Badan sengaja gue jatohin ke kiri karena kalo ke kanan bisa bahaya. Dikanan gue ternyata jurang !! Setelah melewati air panas ternyata Ambon lagi nyariin gue. Ternyata temen-temen yg lain udah lama sampe di Pos Pemandangan. Pas gue sampe sana gue liat mereka lagi ganas-ganasnya lanjutin sisa bekal tadi yg belum sempet dihabisin. 
Jalur Air Panas.. Ini foto pas turun..
Pukul 11.00 kita lanjut pendakian dan sempat buang air kecil di Kandang Batu dan isi air dibotol dimata air dekat pos Kandang Batu. Lalu dimulai lagi perjalanannya.. Dan disini cuaca yg tadinya cerah berubah jadi mendung dan gak pake gerimis lagi tiba-tiba langsung hujan deras. Kita yg gak siap akhirnya keteteran buat pake jas hujan. Setelah pake jas hujan kita langsung jalan lagi hingga Pos Kandang Badak. Karena hujan yg deras dan gak sedikit yg ngedrop fisiknya akhirnya banyak yg terpencar. Tadinya Gue, Opang, Ambon, Bang Hamdi, dan Agni jalan berbarengan sambil backup yg lain. Tapi lama-lama gue gak sadar kalo Opang dan Agni gak ada dibarisan. 

"Bang Hamdi, Mbon, stop dulu deh. Opang sama Agni gak keliatan dibelakang !!", teriak gue.
"Mending buka fly sheet dulu deh sambil nunggu mereka berdua !!", kata gue.
"Nanggung Win !! Bentar lagi sampe Kandang Badak !! Ntar kita bikin tenda dulu disana !!", kata Ambon.
"Biarin Mbon !! Takutnya Agni ngedrop !! Opang pasti lagi backup dia !!", kata gue.

Lalu kita bertiga gelar fly sheet sambil nunggu Opang dan Agni. Dan gak lama mereka berdua dateng dan bener ternyata Agni menggigil parah sampe gak kuat jalan. Tapi kita coba yakinin dia, dan akhirnya sampe di Kandang Badak. Disana temen-temen yg lain udah nunggu. Kita semua langsung pasang tenda ukuran 4 person untuk cewek-cewek ganti pakaian kering sedangkan yg cowok pasang fly sheet dan bikin minuman hangat sambil hangatin tangan di api kecil dari parafin. 
Abis kehujanan nih !!
Gue heran waktu itu kok gue yg biasanya gampang flu kalo kena hawa dingin dan kehujanan, tapi ini malah gak flu bahkan gue gak ngerasa dingin banget. Padahal yg lain sampe menggigil. Sekitar 1 jam kita di Kandang Badak dan saat itu pukul 12.00 dan rencananya pukul 13.00 langsung bergerak menuju Puncak Gede dan turun ke Alun-alun Surya Kencana atau suka disebut Surken.

"Mbon, gimana keputusan lo?? Tetep naik apa gimana??", tanya gue.
"Lanjut naik aja Win.. Ntar kita ngecamp di Surken. Ya sekitar jam 4 sorelah kita harus udah disana..", kata Ambon.
"Keburu gak Mbon sampe sana sore??", kata gue yg mulai ragu.
"Keburu kok. Hujan juga udah berhenti ini..", kata Ambon.

Yaudah bismillah yakinlah kita semua bisa sampe puncak dan ngecamp di Surken sebelum maghrib. Apalagi kondisi kita semua udah kering lagi dari kebasahan gara-gara hujan tadi. Fisik juga udah mulai prima lagi. Pukul 13.00 kita langsung lanjutin pendakian atau bisa dibilang summit karena Kandang Badak adalah pos terakhir sebelum puncak. Diperjalanan gue ketemu pendaki yg baru turun dari puncak. Gue yg khawatir diatas sana masih hujan akhirnya coba nanya ke salah satu rombongan mereka.

"Puncak aman gak bang? Masih hujan diatas??", gue nanya karena gue liat mereka pake jas hujan.
"Aman Bang !! Hujan udah berhenti diatas !!", kata mereka.

Okelah gue optimis bisa sampe puncak tanpa kehujanan lagi. Eh gak lama hujan kembali mengguyur kita. Untungnya pas di Kandang Badak gue instruksiin kalo jas hujan mending diselipin aja dicarrier. Jadi kali ini kita bisa gerak cepat pake jas hujannya. Diperjalanan dingin mulai menyerang. Fisik mulai menurun. Gue yg waktu itu jalan dibarisan belakang akhirnya keteter lagi karena paha kaki kiri gue kambuh lagi walaupun udah gue tempel koyo sebelumnya. Untungnya Ambon dan Iqbal ngebackup gue, jadi gue gak ketinggalan jauh dibelakang. Coklat dan madu gak ada abis-abisnya gue emut biar badan tetep hangat dan fisik terjaga. Lalu keadaan disini mulai mencekam. Ada rombongan yg turun dari puncak dengan panik karena salah satu temannya ada yg kena hipotermia. Wah gue pikir kondisi di Puncak pasti dingin banget karena hujan deras atau badai. Dari situ gue paksain kaki kiri gue buat ngelangkah demi ngejar yg lain. Eh gak lama ada suara Bang Hamdi lagi nyemangatin salah satu orang yg kena hipotermia. Total udah ada 2 orang yg kena hipotermia dan keduanya cewek. Tapi yg kedua masih sadar.

"Ayok semangat !! Lawan dinginnya !!", teriak Bang Hamdi ke cewek yg lagi menggigil hebat sampe nangis.
"Ayo buru !! Jangan kelamaan berhenti disini nanti makin dingin !! Bentar lagi Kandang Badak terus keringin pakaian temennya !!", gue ikutan nyemangatin.
"Iya !! Kita semua doain kok biar lo selamat !! Ayo semangat lawan dinginnya !!", lanjut Bang Hamdi.

Setelah liat kejadian tersebut, gue yakin mental temen-temen yg lain pasti drop terutama yg cewek. Akhirnya Gue, Bang Hamdi, Ambon, Iqbal, coba kejar yg ada didepan dan ternyata mereka lagi break karena dingin dan kecapean. Dan disana ada pendaki yg turun dari puncak bilang ke kita kalo buat diriin tenda di puncak atau Surken udah penuh. Tapi saat itu kita masih optimis buat naik walaupun sambil liat kondisi cuaca dan fisik seluruh tim. Dan saat break gue liat ada burung gagak hinggap diranting yg gak jauh dari gue. Denger cerita orang kalo nanjak diikutin burung gagak itu adalah tanda-tanda kalo kita harus hati-hati. Tapi saat itu gue rada gak percaya. Lalu kita semua bergerak lagi karena makin dingin kalo kelamaan berhenti.

Ketika sebentar lagi sampe di Tanjakan Rantai atau yg biasa dikenal Tanjakan Setan, hujan tetep mengguyur dengan deras. Gue liat fisik para cewek mulai drop dan cowok-cowok juga gak kalah drop. Mereka semua kedinginan dan kebasahan. Disinilah gue berpikir kalo dipaksain lewatin Tanjakan Setan pasti semuanya gak bakal kuat karena menggigil dan kondisi hujan deras sehingga bahaya. Belum lagi bisa aja di puncak ada badai. Yg tadi hipotermia itu udah tanda-tanda kalo diatas pasti hawanya ekstrim. Lalu gue liat dikiri ada sedikit bidang tanah datar ukuran 2 tenda walaupun agak menjorok kedalam hutan.

"Woi semua !! Mending kita berhenti disini aja dulu !! Jangan paksain terus sampe atas !! Bahaya !! Kalo perlu kita diriin tenda sementara disini sambil pikir-pikir lagi buat keatas !!", teriak gue.
"Oke Bang !! Ente coba break dulu, buka fly sheet sama tenda, terus masak susu jahe atau teh biar pada anget !! Nah ane coba cek ke Tanjakan Setan sama Jalur Alternatifnya aman atau gak dilewatin !!", instruksi dari Bang Hamdi.

Lalu kita coba menuju tanah datar tersebut dan gelar flysheet dan tenda. Disini mulai keliatan kalo semua udah gak tahan dingin. Buktinya cm gue, Ambon, Opang, dan Bang Hamdi yg kerja keras diriin tenda walaupun kenyataannya cuma muat 2 tenda ukuran 4 person dan 4 person. Kurang buat satu tenda lagi. Setelah tenda jadi, cewek-cewek langsung masuk ke tenda yg 4 person sedangkan yg lain masuk yg ke 6 person. Sisanya ada yg sambil masak air dibawah flysheet. Disana gue coba tenang dan berpikir jernih buat ambil keputusan biar semuanya selamat. Gue coba cek disekitaran tenda yg tanahnya ternyata gak terlalu datar, dan gue coba masuk ke tenda 6 person. Gue mikir..

"Disini udah jam 5 sore, buat ke puncak dan Surken masih butuh kira-kira 2 jam lagi. Berarti kita kena maghrib di puncak. Keadaan gelap bisa bahaya dicuaca yg makin lama makin dingin dan hujan yg gak reda-reda. Tapi kalo ngecamp disini bahaya juga. Hawa dinginnya disini bener-bener nusuk tulang. Ditambah kurang 1 tenda lagi. Kalo cuma 2 tenda gak bakal muat semuanya masuk. Ngecamp disini sama aja bunuh diri. Mending disini hangatin badan dulu, terus selepas maghrib kita semua batalin buat ke puncak dan camp di Surken, lalu turun lagi ke Kandang Badak".

Setelah gue punya keputusan gue coba keluar dan ikut gabung sama temen-temen yg lain dibawah flysheet sambil hangatin telapak tangan dan kaki dikompor. Disana yg gue inget ada Ambon, Bang Hamdi, Opang, Riki, dan ada lagi tapi gue lupa. Disana gue coba tunggu keputusan dari Ambon atau Bang Hamdi sambil gue merhatiin kearah jalur. Disini ada kejadian mistis yg terserah pada percaya atau enggak gue emang liat sendiri pake mata gue.

Jadi pas gue liat ke jalur, ada 3 orang turun dari atas tapi yg gue liat cuma bayangan hitam aja. Gue pikir ternyata masih ada juga yg turun jam segini. Terus yg gue kaget tiba-tiba itu bayangan hitam yg mirip 3 orang lagi jalan turun hilang. Karena gue pikir ini di gunung dan bisa aja itu tanda-tanda peringatan, gue langsung kasih kode kesemua orang yg ada dibawah flysheet.

"Hmmm... ada yg iseng ngasih liat atau tanda-tanda nih??", kata gue.
"Kenapa Bang??", tanya Riki.
"Ada deh yg gue liat barusan..", kata gue.

Terus Bang Hamdi dan Ambon ngomong pelan-pelan ke gue sambil Bang Hamdi ngasih liat foto jalur Tanjakan Setan yg licin, dan Jalur Alternatif yg longsor.

"Gue tadi juga liat sih Win.. Pas kita diriin tenda, dibawah kayak ada orang yg meratiin kita mulu", kata Ambon.
"Nah kalo gue, tadi di Jalur Alternatif ada bayangan hitam kayak orang tapi kepala buntung", kata Bang Hamdi.
"Wah sama dong Bang !! Barusan aja gue liat bayangan hitam juga. Tapi kayak 3 orang lagi turun Bang..", gue nambahin.
"Jadi kita gimana nih Bang??", tanya Bang Hamdi.
"Mendingan abis maghrib kita turun deh..", kata gue.

Dari apa yg kita bertiga liat hampir sama kyk kesimpulan gue tadi. 
Pertama, bayangan hitam berbentuk manusia tanpa kepala di Jalur Alternatif itu sama aja kayak ngelarang kita buat ngelanjutin keatas lewat jalur tersebut karena emang awalnya kita pengen lewat jalur tersebut kalo Tanjakan Setan kondisinya licin. Mungkin kalo kita paksain lewat jalur tersebut bisa bahaya karena longsor.
Kedua, yg Ambon liat kayak ada orang dibawah yg meratiin kita pas diriin tenda, mungkin kita emang dilarang bermalam disini karena gak cukup tenda yg didiriin dan malah bisa bahaya kedinginan kalo tetep dipaksain.
Ketiga, yg gue liat bayangan orang hitam turun dari atas lalu hilang, mungkin kita emang harus turun malem itu juga dan ngecamp di Kandang Badak.
Sebenernya percaya gak percaya sih.. Tapi kalo dikaitin sama logika ada benernya juga. Jadi saat itu juga gue langsung kasih instruksi kesemuanya termasuk ke cewek-cewek yg lagi asik-asikan hangat didalam tenda.
Tanjakan Setan yg licin saat hujan..

Nah ini Jalur Alternatif yg longsor dan licin. Dan Bang Hamdi liat penampakannya disini. Oia, saat kita diriin tenda sementara gak ada foto-foto disana karena kita semua kebasahan dan takut lensa kamera kena air hujan sore itu..
"Sekarang udah jam setengah 6. Mumpung masih ada cahaya matahari, mending semuanya packing lagi barang-barangnya. Semuanya siapin headlamp dan pake lagi jas hujannya. Soalnya kita harus turun malem ini juga. Abis maghrib kita turun terus ngecamp di Kandang Badak. Kenapa gak nenda disini aja sampe besok pagi, soalnya disini cuma muat 2 tenda yg cuma muat buat 10 orang, sedangkan 6 orang lagi bisa kedinginan diluar. Biarin kita gagal sampe puncak, yg penting kita semua selamat", gue udah kayak pengalaman banget waktu itu. Haha !!


Semuanya setuju sama keputusan gue. Mereka ikhlas gak sampe puncak. Toh itu gunung gak kemana mana, yg penting kan selamat. Lalu semuanya packing lagi, pake jas hujan dan siapin headlamp termasuk gue. Makin lama langit makin gelap. Gue pun harus beresin tenda dikegelapan dan cuma diterangi cahaya dari headlamp yg gue pake. Pukul 18.30 akhirnya kita turun dan sebelumnya berdoa bersama biar gak terjadi apa-apa. 

Karena kejadian itu gue, Bang Hamdi, dan anak-anak UNJ jadi berteman baik. Seolah udah kenal lama. Haha !! Malem itu kita jalan beriringan dan saling komando. "Awas batu !! Awas tanah licin !! Awas akar !!" gitulah kita teriak-teriakan dikegelapan hutan Gunung Gede. Dan ada kejadian kocak, ketika Ichsan tiba-tiba kebelet BAB dan terpaksa sendirian agak masuk kehutan buat gali lobang. Sedangkan kita duduk-duduk buat nungguin Ichsan. Walaupun kita gak sampe puncak, tapi salah satu temen kita ada yg ninggalin jejak di Gunung Gede yaitu si Ichsan !! Haha !!
Opang dan Bang Hamdi di Kandang Badak
Lalu pukul 08.00 akhirnya kita tiba lagi di Kandang Badak dan kita beruntung masih dapet lapak buat diriin 3 tenda. Malem itu jadi malem yg panjang buat gue karena gue gak bisa tidur karena dingin. Hujan malem itu juga masih gerimis-gerimis kecil sehingga tenda yg punya gue rembes air masuk karena tendanya kegedean tapi lapaknya sempit, jadinya asal jadi tendanya. Tadinya sih bertiga diluar sama Ambon dan Bang Hamdi sambil cerita-cerita kejadian diatas tadi. Tapi lama-lama Bang Hamdi dan Ambon mulai masuk ke tenda dan tidur dengan pulasnya.... Gue cuma sendirian diluar tenda tanpa pake jaket dan cuma pake celana pendek. Jaket gue basah walaupun jaket gue waterproof. Mungkin basah karena keringat atau air hujan yg masuk dari sela-sela resleting. Anehnya lagi flu gue gak kambuh. Dan malem itu tanpa penghangat tubuh gue udah kayak kebal sama dingin. Padahal gue biasanya kena dingin dikit langsung bersin gak ada abis-abisnya. 
Awalnya sih kayak gini. Pukul 00.00 masih ada Bang Hamdi, Ambon, sama Gue. Tapi gue ditinggal tidur.. Sedih gak tuh ?? Difoto ini gue masih gak sadar kalo jaket gue basah. Buktinya gue masih aja pake jas hujan. Haha !!
Pas langit agak mulai terang sekitar pukul 05.30, gue coba buat bikin kopi dan masak bubur instan karena perut gue yg mulai gak karuan lapernya. Akhirnya pagi itu satu per satu semua bangun dengan muka yg sumringah, sedangkan gue dengan mata yg lesu banget. Nah anehnya lagi, malah pas pagi-pagi baru gue ngerasain dinginnya yg dingin banget !! Pagi itu kita semua masak dan sarapan dengan makanan ala kadarnya. Nasi yg masih jadi setengah aron pun kita libas karena saking laparnya. Kayak macan seminggu gak dikasih makan. Haha !! 
Para manusia yg sudah bangun, sedangkan yg lain masih dialam mimpi..

Rame-rame makan nasi aron !! Hajar bleeeehh !! Haha !!
Pukul 09.00 kita putusin buat turun dan sebelum turun kita berdoa lalu teriak dengan yel-yel yg bikin seisi Kandang Badak ngakak. Kalo semuanya pada teriak nyebutin nama komunitasnya, tapi kalo kita beda. Kalo kita teriaknya "TURUN YUUUUKKK......?? YUUUKK !!!" Bhahahaha !! Semua seisi Kandang Badak pada ngakak gara-gara kita.
Ketika tenda dijadikan jemuran...

Packing-packing lalu turun...
Diperjalanan turun alhamdulillah lancar walaupun gue sempet demam di Pos Panyancangan. Untungnya gue bawa obat pereda demam. Mungkin karena fisik gue yg makin lemah akibat terlalu diforsir dan gak tidur semalem. Tapi ya gitu, kalo gue demam pasti mata gue selalu bengkak kayak abis digebukin. Sampe-sampe orang pada ngeliatin gue dikira gue kecelakaan diatas. Daripada jadi peratian orang-orang, mata gue sebelah, gue tutup pake buff yg gue pake biar gak terlalu mencolok.
Full team minus Bang Hamdi. Doi yg fotoin kita..
Pukul 17.00 akhirnya kita semua selamat sampe di Resort Mandalawangi dan terpaksa pake jas hujan lagi karena sore itu langsung hujan. Lalu setelah maghrib kita menuju warung Mang Idi buat mandi, makan, ngeteh, dan istirahat sebelum lanjut pulang ke Jakarta. Dan pukul 01.00 akhirnya kita semua sampe di Jakarta dan sebagian ada yg milih buat stay dirumah gue dulu karena malem itu gak ada angkot.

Pendakian pertama gue begitu banyak pelajaran dan makna. Dari situ gue juga jadi punya temen-temen baru, bahkan kayak udah kenal lama. Puncak itu cuma bonus. Yg penting selamat sampe rumah lagi. Mungkin kalo dipaksain ke puncak dan ngecamp di Surken saat itu bisa bahaya. Karena pas gue udah sampe dibawah, ternyata ada pendaki yg meninggal di Surken akibat hipotermia. Gue dan temen-temen bersyukur banget masih dikasih keselamatan.
Tetep semangat !! Itu rain covernya jadi kayak disponsorin.. Haha !!
Sampe sekarang anak-anak UNJ masih banyak yg ngajakin balik ke Gede. Katanya mereka masih penasaran sama puncaknya. Termasuk gue sih.. Hehe.. Next time gue pasti bakal balik lagi kesana entah sama anak-anak UNJ atau yg lain dan entah lewat jalur Cibodas lagi atau lewat jalur Gunung Putri atau bahkan lewat yg lebih ekstrim yaitu jalur Selabintana yg banyak pacetnya dan jalur itu jalur terjauh menuju puncak.

Pendakian kali ini, pengeluaran gue sebagai berikut :

Bus Doa Ibu PP : Rp. 30.000
SIMAKSI TNGGP: Rp. 50.000 (katanya Ambon diurusin simaksinya sama ranger)
Teh Panas : Rp. 3.000
Nasi Goreng + Ovaltine Panas : Rp. 15.000
Sewa Angkot PP : Rp. 16.000 per orang (tergantung nego)
Patungan Logistik : Rp. 20.000

Pesan gue buat pendaki yg mau mendaki Gunung Gede Pangrango, tolong dijaga kebersihannya ya !! Terutama di Pos Kandang Badak. Sampah jangan lupa dibawa turun !!

1 komentar: